Logo Bloomberg Technoz

"Ini baru data dari satu bulan. Mereka mungkin membutuhkan beberapa data lagi sebelum yakin bahwa kemajuan tersebut berlanjut," lanjutnya, yang membuat penurunan suku bunga pada Juli tidak mungkin, tetapi langkah tersebut pada September menjadi "masuk akal" jika tren berlanjut.

Para pembuat kebijakan yang akan mengadakan pertemuan berikutnya pada 11 dan 12 Juni, kemungkinan akan berdebat apakah suku bunga saat ini cukup efektif untuk mendinginkan pertumbuhan dan menurunkan inflasi ke target 2% bank sentral - atau apakah upaya mereka mungkin tidak terlalu membebani ekonomi seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Gubernur The Fed New York John Williams menegaskan pada Kamis bahwa dia melihat "banyak bukti" bahwa kebijakan moneter sedang menahan perekonomian, dan menambahkan bahwa ia memperkirakan inflasi akan terus turun pada paruh kedua tahun ini. Dia mengatakan kenaikan suku bunga tidak mungkin dilakukan.

Namun, yang lain tidak seyakin itu. Gubernur The Fed Dallas Lorie Logan, yang berbicara pada Kamis, mengatakan suku bunga tinggi mungkin tidak memperlambat pertumbuhan sebanyak yang diperkirakan para pejabat. Para pembuat kebijakan perlu membuka opsi mereka terkait langkah-langkah selanjutnya.

Para pembuat kebijakan secara keseluruhan mengatakan mereka perlu melihat lebih banyak data untuk kejelasan tentang ke mana arah inflasi - dan suku bunga -  bergerak, menunjukkan bahwa biaya pinjaman akan tetap tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Meskipun para pejabat tidak akan memberikan komentar publik lebih lanjut tentang pereekonomian menjelang pertemuan bank sentral berikutnya, The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuannya pada level tertinggi dalam dua dekade, seperti yang terjadi sejak Juli.

"Mereka tidak hanya akan mempertahankan suku bunga pada pertemuan ini, tetapi saya rasa kita tidak akan mendapat petunjuk tentang penurunan suku bunga dalam waktu dekat," kata Sarah House, ekonom senior di Wells Fargo & Co. "Ini akan menjadi pertemuan lain di mana The Fed pada dasarnya mengulur waktu untuk mendapatkan lebih banyak data dan melihat bagaimana prospek ekonomi berkembang menjelang paruh kedua tahun ini."

Sebagian besar pembuat kebijakan tidak yakin tentang waktu penurunan suku bunga pertama. Namun, proyeksi ekonomi yang diajukan pada pertemuan Juni akan memberikan petunjuk tentang berapa banyak penurunan yang mereka harapkan tahun ini. Para pejabat mengisyaratkan tiga penurunan suku bunga ketika mereka menyampaikan perkiraan terbaru mereka pada bulan Maret.

Investor memperkirakan The Fed akan melakukan satu penurunan suku bunga pada akhir tahun, menurut penetapan harga dalam kontrak berjangka.

Para pejabat The Fed juga sedang mengadakan diskusi yang lebih luas tentang apakah suku bunga netral, tingkat di mana biaya pinjaman tidak memperlambat atau menstimulasi ekonomi, telah meningkat sejak pandemi. Jika angka tersebut, yang juga dikenal sebagai r-star, lebih tinggi sekarang, maka suku bunga mungkin tidak terlalu ketat seperti yang diperkirakan sebelumnya.

(bbn)

No more pages