Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Menurun, Tapi The Fed Masih Hati-hati Pangkas Suku Bunga

News
01 June 2024 08:00

Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)
Gubernur The Fed Jerome Powel. (Dok: Bloomberg)

Jonnelle Marte dan Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) mendapat angin segar minggu ini karena inflasi tampaknya masih dalam jalur penurunan, meskipun fluktuatif. Namun, para pembuat kebijakan kemungkinan besar tidak akan mengubah pesan mereka bahwa masih dibutuhkan lebih banyak bukti.

Indikator inflasi inti pilihan The Fed menunjukkan pelambatan pada bulan lalu, naik pada laju paling lambat tahun ini, menurut data pemerintah yang dirilis pada Jumat (31/05/2024). Data ini sejalan dengan laporan pertumbuhan ekonomi kuartal pertama yang lebih rendah dari perkiraan awal, di mana konsumen mengurangi pengeluaran mereka pada bulan April.

Laporan-laporan tersebut memberikan gambaran ekonomi yang sedang melambat sesuai dengan keinginan para pembuat kebijakan - yaitu untuk menahan percepatan kembali pertumbuhan harga. Namun, para pejabat kemungkinan masih akan mencari lebih banyak konfirmasi sebelum menurunkan suku bunga.

“Ada kemajuan yang sedang berlangsung, yang merupakan kabar baik bagi The Fed terkait inflasi,” ujar Julia Coronado, pendiri MacroPolicy Perspectives LLC dan mantan ekonom The Fed.