Logo Bloomberg Technoz

Inflasi PCE AS Melambat, Belanja Konsumen Menurun

News
01 June 2024 07:00

inflasi AS masih belum jinak menuntut Fed bertahan melanjutkan pengetatan moneter (Bloomberg)
inflasi AS masih belum jinak menuntut Fed bertahan melanjutkan pengetatan moneter (Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Indikator inflasi inti AS yang dipantau oleh bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) menunjukkan pelambatan pada bulan April. Ditambah dengan penurunan belanja konsumen, data ini mendukung rencana penurunan suku bunga di masa depan.

Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (core Personal Consumption Expenditures/PCE), yang tidak mencakup komponen makanan dan energi yang fluktuatif, naik 0,2% dari bulan sebelumnya. Ini adalah kenaikan terkecil tahun ini, menurut data Biro Analisis Ekonomi (Bureau of Economic Analysis/BEA) yang dirilis pada hari Jumat.

Belanja konsumen yang disesuaikan dengan inflasi secara tidak terduga turun 0,1%, tertekan oleh penurunan pengeluaran untuk barang dan melemahnya pengeluaran untuk jasa. Pertumbuhan upah, pendorong utama permintaan, juga mengalami perlambatan.

Laporan ini memberikan sedikit kelegaan bagi pejabat The Fed terkait jalur inflasi setelah kemajuan pengendalian tekanan harga terhenti pada kuartal pertama. Namun di saat yang sama, angka pengeluaran bulan April menambah bukti bahwa pertumbuhan ekonomi di awal tahun ini terbilang lambat.

Inflasi AS. (Sumber: Bloomberg)