Logo Bloomberg Technoz

Selain serangan udara, militer AS juga menghancurkan delapan pesawat udara tak berawak (UAV) di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi dan perairan sekitarnya pada Kamis. 

"Ditetapkan bahwa UAV dan lokasi ini merupakan ancaman bagi pasukan AS dan koalisi serta kapal dagang di wilayah tersebut," kata Komando Pusat AS (Central Command/Centcom) yang mengawasi pasukan AS di Timur Tengah.

Serangan rudal dan drone Houthi di Laut Merah dan Teluk Aden yang dimulai pada November lalu telah mengganggu perdagangan global. Banyak perusahaan pelayaran besar menghindari wilayah tersebut, yang merupakan jalur menuju Terusan Suez.

Akibatnya, kapal-kapal yang berlayar antara Asia dan Eropa harus mengambil rute yang jauh lebih panjang di sekitar Afrika Selatan, dan menyebabkan tarif pengiriman melonjak.

Houthi berjanji untuk melanjutkan serangan mereka sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina dan mendesak Israel untuk menghentikan perang terhadap Hamas di Gaza. 

Serangan Houthi ini terjadi di saat pasukan Israel memburu pasukan Hamas di kota Rafah, Gaza selatan, meskipun Amerika Serikat, Uni Eropa, dan sekutu lainnya mendesak Israel untuk menahan diri dan lebih melindungi warga sipil.

(bbn)

No more pages