Logo Bloomberg Technoz

Houthi Klaim Serang Kapal Induk AS Sebagai Tindakan Balasan

News
31 May 2024 20:00

Para pengikut Houthi dalam sebuah demonstrasi sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina, di Sana'a, Yaman pada 18 Februari. (Dok: Bloomberg)
Para pengikut Houthi dalam sebuah demonstrasi sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina, di Sana'a, Yaman pada 18 Februari. (Dok: Bloomberg)

Mohammed Hatem dan Omar Tamo - Bloomberg News

Bloomberg, Houthi, kelompok yang didukung Iran, mengklaim telah menyerang kapal induk AS, USS Dwight D. Eisenhower, di Laut Merah pada Jumat (31/05/2024) sebagai balasan atas serangan udara mematikan AS dan Inggris terhadap target mereka di Yaman pada Kamis (30/05/2024). 

Juru bicara Houthi menyampaikan klaim tersebut dalam pidato di televisi, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut dan tidak ada indikasi kerusakan atau hampir tertabrak. Sepanjang tahun ini, Houthi telah berulang kali melancarkan serangan menggunakan drone dan rudal ke kapal perang AS. Namun, semuanya gagal mengenai sasaran atau berhasil dicegat.

Militer AS dan Inggris sebelumnya menyerang 13 target Houthi di Yaman. Serangan tersebut, menurut Houthi, menewaskan setidaknya 16 orang, menjadikannya serangan paling mematikan terhadap kelompok tersebut sejak dimulainya operasi militer gabungan pada Januari untuk mencegah serangan mereka terhadap kapal di Laut Merah.

Houthi mengatakan beberapa korban tewas adalah warga sipil yang berada di kota pelabuhan Hodeida. Ibukota Sanaa dan daerah lainnya juga menjadi sasaran serangan udara tersebut.

Titik serangan Houthi. (Sumber: Bloomberg)