Logo Bloomberg Technoz

29 Orang Tewas Akibat Panas Ekstrem di India

News
31 May 2024 16:50

Seorang pekerja bekerja di lokasi konstruksi saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)
Seorang pekerja bekerja di lokasi konstruksi saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)

Dan Strumpf dan Swati Gupta - Bloomberg News

Bloomberg, Gelombang panas yang terik di India telah menewaskan setidaknya 29 orang di dua negara bagian. Suhu di sebagian besar wilayah India dilaporkan mendekati rekor tertinggi.

Dilaporkan NDTV, mengutip pejabat rumah sakit, di negara bagian timur Odisha, 10 orang meninggal karena dugaan serangan panas di kota Rourkela pada Kamis (30/05/2024). Sementara itu dilaporkan Times Now, 19 orang tewas di negara bagian Bihar akibat gelombang panas baru-baru ini.

Kematian tersebut adalah jumlah korban terbaru akibat gelombang panas ekstrem India, yang telah membuat suhu melonjak di atas 50 derajat celcius di beberapa bagian negara. Suhu mencapai titik tertinggi 52,9 derajat di satu observatorium di New Delhi pada Rabu, menyebabkan permintaan listrik melonjak di ibukota negara.

Pejabat negara bagian dari Bihar dan Odisha tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar. Seorang pejabat dari Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga tidak mengkonfirmasi kematian tersebut, tetapi mengatakan kementerian telah meningkatkan kegaiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kesadaran terkait dengan panas.