Logo Bloomberg Technoz

Penyaluran KUR BRI 2024, Strategi dan Pemberdayaan UMKM


Direktur Bisnis Mikro BRI Supari
Direktur Bisnis Mikro BRI Supari

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 59,96 triliun kepada 1,2 juta pelaku UMKM selama periode Januari-April 2024. Jumlah ini mencapai 36% dari target penyaluran KUR tahun 2024 yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 165 triliun.

Direktur Bisnis Mikro Supari menyatakan bahwa sebagian besar KUR BRI dialokasikan untuk sektor produksi, dengan proporsi mencapai 55,95%. "Strategi bisnis mikro BRI tahun 2024 akan berfokus pada pemberdayaan sebelum pembiayaan. Sebagai bank yang berkomitmen kepada UMKM, BRI memiliki kerangka pemberdayaan yang terdiri dari fase dasar, integrasi, hingga interkoneksi," ujar Supari dalam keterangan tertulis pada Selasa (28/4/2024).

Supari juga menyebutkan bahwa BRI akan terus menerapkan strategi yang telah digunakan untuk mendorong penyaluran KUR. Strategi tersebut melibatkan revitalisasi tenaga pemasar mikro yang bertindak sebagai penasihat keuangan dengan pemahaman mendalam tentang ekosistem di wilayah tertentu.

Pendekatan ini menjadi inti dari program pemberdayaan BRI, seperti Desa BRILiaN, Klasterkuhidupku, Figur Inspiratif Lokal (FIL), dan LinkUMKM (platform pemberdayaan online).

"Melalui berbagai program pemberdayaan tersebut, BRI berupaya memberikan one stop solution kepada pelaku usaha mikro, tidak hanya bidang keuangan, tetapi juga non-keuangan sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM," sambung dia.