Logo Bloomberg Technoz

Ancaman Sanksi FIFA untuk Indonesia, Terberat Tak Jadi Anggota

Fransisco Rosarians Enga Geken
31 March 2023 15:47

Keterangan Pers Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Kantor Presiden, 31 Maret 2023 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)
Keterangan Pers Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Kantor Presiden, 31 Maret 2023 (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI), Erick Thohir memastikan Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA akan memberikan sanksi kepada Indonesia. Hal ini disampaikan Presiden FIFA Gianni Infantino saat bertemu dengan Erick di Qatar. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut pun merasa yakin informasi yang sama juga disampaikan Gianni dalam surat yang diberikan pada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"FIFA sedang mempelajari dan mempertimbangkan sanksi bagi Indonesia," kata Erick Thohir usai bertemu Jokowi, Jumat (31/3/2023).

Menurut dia, sanksi bagi Indonesia kemungkinan akan keluar usai acara FIFA Council Meeting mendatang. Erick Thohir pun mengatakan, akan segera bertemu dan melobi lagi Gianni usai pertemuan tersebut.

Dia mengatakan, FIFA memang membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 karena alasan keamanan. Meski demikian, organisasi tertinggi sepak bola dunia tersebut tetap menganggap ada intervensi melalui sejumlah penolakan yang terjadi jelang perhelatan.