Logo Bloomberg Technoz

Ketegangan Meningkat, China Hentikan Keringanan Tarif Taiwan

News
31 May 2024 15:20

Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)
Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China mengakhiri keringanan tarif yang disetujui berdasarkan kesepakatan perdagangan dengan Taiwan, menyalahkan pemimpin baru pulau tersebut karena telah merusak perjanjian.

Kementerian Keuangan China mengatakan pada Jumat (31/05/2024) bahwa mulai 15 Juni, mereka akan menghentikan konsesi atas 134 item yang terdaftar di bawah Kesepakatan Kerangka Kerja Sama Ekonomi 2010 (Economic Cooperation Framework Agreement/ECFA). Barang tersebut termasuk baterai lithium-ion dan produk golf.

Langkah tersebut akan berdampak pada 10,2% dari total pengiriman lintas selat Taiwan senilai US$95,7 miliar tahun lalu, kata Yin Ying-ju, pejabat statistik di Kementerian Keuangan di Taipei. Dia menambahkan bahwa "ini mungkin berdampak besar pada masing-masing perusahaan."

China - yang telah berjanji untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya suatu hari nanti - telah meningkatkan tekanan pada Presiden Taiwan Lai Ching-te sejak dia menjabat minggu lalu. China mengecam pidato pelantikannya karena Lai mengatakan tidak ada pihak di selat itu yang berada di bawah pihak yang lain.