Logo Bloomberg Technoz

Proyek Lido Milik Hary Tanoe Nikmati Bebas Bayar Pajak 20 Tahun

Tara Marchelin
31 March 2023 16:12

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Tara Marchelin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido telah resmi beroperasi pada Jumat (31/3/2023) dengan ditandatanganinya prasasti oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

KEK Lido merupakan proyek unggulan PT MNC Land Tbk (KPIG), emiten milik konglomerat Hary Tanoesoedibjo. Dengan mengusung konsep Integrated Tourism Destination, Hary Tanoe memproyeksikan kawasan tersebut sebagai pusat pariwisata. 

Saat ini, di areal KEK Lido juga sedang dibangun beberapa proyek besar seperti Lido Hotel and Resort Extension, golf course, golf club, movieland, theme park, music and art center, serta infrastruktur dan sarana-prasarana lainnya.

Untuk World Championship 18-holes golf course dan Lido Music and Arts Centre ditargetkan selesai pada akhir 2022. Keseluruhan proyek ini memiliki nilai realisasi investasi sebesar Rp7,2 triliun apabila sudah 100% terbangun.

“Perseroan telah memanfaatkan waktu pandemi untuk mempercepat kegiatan pembangunan. Hasilnya bisa dilihat saat ini, KEK Lido sudah mulai beroperasi dengan hanya membutuhkan waktu 1 tahun 5 bulan, dari batas waktu 3 tahun yang ditetapkan pemerintah,” ungkap Hary Tanoe dalam acara peresmian.