Logo Bloomberg Technoz

China: Kemerdekaan Taiwan Berarti Perang

Redaksi
31 May 2024 13:00

Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)
Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Juru bicara militer China mengatakan bahwa "kemerdekaan Taiwan" berarti perang, dan menekankan bahwa reunifikasi China adalah tren sejarah yang tidak dapat diubah.

Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional, membuat pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas pertanyaan media terkait pidato debut pemimpin baru Taiwan Lai Ching-te.

Pidato Lai merupakan pengakuan atas upayanya untuk mencari "kemerdekaan Taiwan" dengan paksaan dan dengan mengandalkan kekuatan eksternal, kata Wu, seraya menambahkan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dengan tegas menentang hal ini dan telah meresponsnya dengan tindakan balasan yang kuat.

"Kegiatan separatis yang menginginkan 'kemerdekaan Taiwan' merupakan ancaman nyata terbesar bagi perdamaian di Selat Taiwan," kata Wu melansir Xinhua, Jumat (31/5/2024).

PLA mengemban misi menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial. PLA sepenuhnya siap, tetap sangat waspada, dan siap untuk mengambil tindakan tegas untuk melawan upaya separatis "kemerdekaan Taiwan" dan menggagalkan campur tangan asing, kata Wu.