Logo Bloomberg Technoz

Topang Ekonomi, Ekonom Desak Pemerintah Lindungi Kelas Menengah

Redaksi
31 May 2024 10:13

Aktivitas ekonomi warga Jakarta, Indonesia (Dok Bloomberg/Muhammad Fadli)
Aktivitas ekonomi warga Jakarta, Indonesia (Dok Bloomberg/Muhammad Fadli)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom mengimbau pemerintah untuk membuat kebijakan yang melindungi kesejahteraan kelas menengah di Indonesia. Hal ini menanggapi deretan kebijakan pemerintah yang membebani para pekerja yang umumnya termasuk dalam golongan middle class.

Ekonom Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro menilai perlu ada kebijakan yang mendukung kondisi ekonomi kelas menengah, demi turut mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kalau mau memajukan ekonomi domestik, yang harus dilindungi malah kelas menengah, karena kelompok ini yang paling besar secara perekonomian. Perlu ada kebijakan pro-kelas menengah untuk melindungi daya beli," kata Satria kepada Bloomberg Technoz, Kamis (30/5/2024). 

Dia menjelaskan, pengeluaran kelas menengah secara agregat tercatat paling besar secara ekonomi, dibanding pengeluaran agregat kelas atas yang minim orangnya dan kalangan bawah yang minim daya beli. 

"Kalau digambarkan di dalam chart, pengeluaran kelas atas memang besar, tapi jumlah orangnya sedikit. Sedangkan kelas menengah dengan pengeluaran yang lumayan, jumlah orangnya sangat banyak," ujar dia.