Logo Bloomberg Technoz

“Prospek fundamental Lenovo membaik dengan pulihnya pasar PC, dan meningkatnya permintaan PC dan server yang didorong oleh AI,” ujar Vey-Sern Ling, direktur pelaksana di Union Bancaire Privee.

“Hasil kerja sama dengan Saudi akan membantu perusahaan memasuki pasar Timur Tengah ketika ketegangan geopolitik membuat pasar AS dan Uni Eropa menjadi kurang dapat diakses.”

Komparasi nilai Lenovo, Dell, dan indeks perusahaan bidang perangkat sejenis.

Kenaikan 29% saham Lenovo di bulan Mei menjadikannya saham dengan kinerja terbaik ketiga dalam indeks Bloomberg Intelligence untuk perusahaan-perusahaan perangkat keras dan penyimpanan komputer, di belakang HP Inc. dan Dell.

Harga saham Lenovo menyentuh level tertinggi dalam sembilan tahun terakhir pada hari Senin, meskipun kemudian kehilangan momentum. Penjualan server AI Dell yang mengecewakan setelah penutupan hari Kamis dapat mengurangi momentum reli sektor ini.

Kesepakatan untuk menjual obligasi konversi senilai US$2 miliar kepada salah satu bagian dari Saudi Public Investment Fund (PIF) awalnya menimbulkan kekhawatiran jangka pendek akan potensi dilusi bagi Lenovo. Di sisi lain waktunya sangat tepat karena bertepatan dengan seruan Presiden China Xi Jinping untuk lebih banyak kerja sama keuangan dan teknologi dengan negara-negara Arab.

Rencana tersebut seharusnya saling menguntungkan, menurut analis Bloomberg Intelligence, Steven Tseng. “Saudi akan mendapatkan produsen PC nomor satu global yang menyiapkan kapasitas produksi untuk PC/server dan pusat-pusat penelitian dan pengembangan di negara tersebut, sementara Lenovo mendapatkan suntikan modal yang besar dan investor strategis,” sebut dia.

Manajemen berharap pertumbuhan pendapatan tahunan perusahaan di Timur Tengah dan Afrika akan meningkat menjadi dua digit dengan bantuan dari kerja sama ini, dibandingkan dengan 11% pada tahun lalu, menurut UOB Kay Hian Holdings Ltd.

“Eksplorasi wilayah utama baru juga dapat membantu melindungi nilai dari ketegangan antara AS dan China,” tulis analis Johnny Yum dalam sebuah laporan.

Yang Yuanqing, CEO dan Chairman Lenovo. (Dok: Bloomberg)

Para analis sangat positif terhadap Lenovo, dengan 27 peringkat beli terhadap tiga peringkat tahan dan tidak ada yang menjual. Goldman Sachs Group Inc menaikkan target harga sahamnya awal pekan ini menjadi HK$13,98, salah satu yang tertinggi di pasar, dengan mengatakan bahwa PC AI akan membantu meningkatkan harga jual rata-rata industri dan margin kotor.

Para pedagang trading option juga optimis terhadap saham ini, dengan kecenderungan volatilitas. Hal yang mengindikasikan peningkatan permintaan untuk kontrak bullish di Lenovo dibandingkan dengan seminggu yang lalu, data Bloomberg menunjukkan. Namun, sahamnya tetap murah dengan 13 kali estimasi pendapatan untuk 12 bulan ke depan, dibandingkan dengan 21 kali untuk Dell.

(bbn)

No more pages