Logo Bloomberg Technoz

Jaksa penuntut mengatakan bahwa Trump mengarahkan Cohen untuk membayar US$130.000 kepada bintang film dewasa Stormy Daniels menjelang Pemilu 2016 untuk menghentikannya mempublikasikan cerita tentang hubungan seksual yang katanya mereka lakukan.

Pihak penuntut menyatakan bahwa Trump mengganti uang tutup mulut kepada Cohen dengan beberapa pembayaran yang dicatat sebagai "jasa hukum" dalam pembukuan perusahaan. Tim Trump mengklaim bahwa uang tersebut sebenarnya untuk pekerjaan hukum.

Apa yang terjadi setelah Trump dinyatakan bersalah?

Langkah selanjutnya adalah Hakim Juan Merchan akan menjatuhkan hukuman, yang dijadwalkan pada 11 Juli. Itu hanya beberapa hari sebelum Konvensi Nasional Partai Republik pada 15 Juli, di mana partai tersebut akan secara resmi memilih Trump sebagai calon presiden untuk pemilihan 5 November. Merchan mengatakan bahwa Trump dapat tetap bebas sampai hukumannya dijatuhkan.

Seorang terdakwa yang dihukum atas tuduhan kejahatan biasanya dihukum untuk menjalani hukuman penjara, tetapi tidak ada dalam hukum yang mengharuskannya. Merchan bisa saja menjatuhkan hukuman percobaan kepada Trump, terutama jika dia memutuskan bahwa keringanan hukuman diperlukan karena mantan presiden tersebut berusia 77 tahun dan baru pertama kali melakukan kejahatan tanpa catatan kriminal. Trump juga dapat diperintahkan untuk membayar sejumlah denda.

Namun, Merchan telah menjelaskan bahwa ia menganggap serius kejahatan tersebut dan telah memperingatkan Trump bahwa ia dapat menjebloskannya ke penjara karena telah berulang kali melanggar perintah pembungkaman. Dia juga mengakui persyaratan keamanan untuk memenjarakan seorang mantan presiden di bawah perlindungan Secret Service selama 24 jam.

Berapa lama Trump bisa dipenjara?

Setiap tuduhan adalah kejahatan Kelas E, yang membawa hukuman penjara dari 1 1/3 tahun hingga empat tahun. Karena Trump dinyatakan bersalah atas lebih dari satu dakwaan, Merchan dapat menjatuhkan hukuman bersamaan, yang berarti mantan presiden tersebut akan menjalani semua hukuman penjara secara bersamaan. Dia juga dapat memerintahkan Trump untuk menjalani hukuman satu per satu, namun para ahli hukum mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi.

Bisakah Trump mengajukan banding?

Ya, dan dia bersumpah untuk menentang putusan tersebut, dengan mengatakan bahwa perjuangannya "masih jauh dari selesai." Namun, ia hanya dapat mengajukan banding atas hukumannya di negara bagian New York setelah dijatuhi hukuman.

Langkah pertama adalah pengadilan banding di Manhattan. Pada akhirnya, banding dapat diajukan ke Pengadilan Banding New York, pengadilan tertinggi negara bagian di Albany; Trump pada akhirnya dapat meminta Mahkamah Agung AS untuk mempertimbangkannya.

Bergantung pada Merchan untuk memutuskan apakah akan memenjarakan Trump atau membiarkannya tetap bebas sementara ia mengajukan banding. Meskipun terdakwa kriminal di negara bagian New York biasanya dapat dipenjara selama proses banding berlangsung, hal tersebut tidak berlaku untuk Trump karena ia didakwa dengan kejahatan kerah putih tanpa kekerasan.

Di mana Trump akan menjalani hukuman?

Belum jelas di mana Trump akan menjalani hukuman penjara, meskipun Dinas Rahasia AS, yang melindungi presiden yang sedang menjabat atau mantan presiden, telah bertemu dengan para pejabat federal, negara bagian, dan kota untuk mendiskusikan kemungkinan Trump dipenjara.

Jika Trump dijatuhi hukuman satu tahun atau kurang di penjara, ia mungkin akan menjalani hukumannya di Rikers Island, New York, yang memiliki tujuh penjara. Allen Weisselberg, 76 tahun, mantan kepala keuangan Trump Organization yang baru-baru ini mengaku bersalah atas sumpah palsu, sedang menyelesaikan masa hukuman lima bulan di unit medis di kompleks tersebut.

Apakah hukuman yang diterima Trump berarti ia tidak dapat mencalonkan diri kembali?

Trump masih bisa mencalonkan diri. Konstitusi AS menetapkan beberapa persyaratan kelayakan untuk posisi tersebut, termasuk tidak ada batasan berdasarkan karakter atau catatan kriminal.

Bagaimana putusan tersebut dapat memengaruhi Pemilu 2024?

Tidak jelas bagaimana vonisnya dapat memengaruhi hasil Pemilu. Namun, jika Trump menang, untuk pertama kalinya AS akan memiliki seorang narapidana yang telah dihukum sebagai kepala negara--sebuah fakta yang tidak biasa terjadi di seluruh dunia. Trump telah membandingkan dirinya dengan mendiang pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela, yang dipenjara selama 27 tahun karena menentang rezim apartheid.

Dapatkah Trump mengampuni dirinya sendiri jika terpilih kembali?

Tidak dalam kasus ini karena kasus Manhattan diajukan oleh jaksa negara bagian dan bukan jaksa federal. (Hal ini juga berlaku untuk kasus Fulton County, Georgia, yang, seperti halnya New York, merupakan penuntutan negara bagian). Namun dalam dua kasus federal tersebut, Trump secara teoritis dapat mengarahkan Departemen Kehakiman untuk membatalkan kasus-kasus tersebut jika terpilih kembali.

(bbn)

No more pages