Logo Bloomberg Technoz

AS Tuding Rusia Gunakan Rudal Korut dalam Perang di Ukraina

News
31 May 2024 08:20

Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140 di Pantai Timur, Korea Selatan./dok. Kemenhan Korsel diolah Bloomberg
Rudal Taktis Angkatan Darat MGM-140 di Pantai Timur, Korea Selatan./dok. Kemenhan Korsel diolah Bloomberg

Courtney McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Rusia menembakkan rudal balistik yang disediakan oleh Korea Utara terhadap pasukan Ukraina di timur laut negara itu, Badan Intelijen Pertahanan mengatakan dalam sebuah laporan, memberikan bukti baru tentang aliansi militer yang semakin dalam antara dua musuh AS.

Laporan dari badan intelijen Pentagon itu membandingkan gambar puing-puing rudal yang tersedia untuk umum di Kharkiv, kota di timur laut Ukraina di mana Rusia melakukan serangan baru-baru ini, dengan foto-foto media pemerintah Korea Utara yang menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sedang melakukan kunjungan ke pabrik rudal balistik pada Agustus 2023.

"Puing-puing di Ukraina secara visual cocok dengan rudal yang ada dalam gambar dari media pemerintah Korea Utara," menurut laporan itu.

Badan itu mencocokkan karakteristik rudal balistik jarak pendek Korea Utara dengan karakteristik senjata yang difoto di Kharkiv pada Januari. Laporan itu menyoroti kesamaan antara bagian motor depan dan belakang, tab yang digunakan untuk memasang instrumen penerbangan dan muatan ke motor senjata dan penyulut rudal.