Logo Bloomberg Technoz

Polemik Karpet Merah Starlink

Banting Harga Starlink Menjurus Dugaan Predatory Pricing

Redaksi
31 May 2024 08:40

Elon Musk. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Starlink Elon Musk diskon harga 40% atau setara Rp3 juta membuat dugaan predatory pricing dari proyek SpaceX ini mencuat.

Diketahui Starlink memberikan diskon pemasangan hingga 40% atas perangkat untuk kategori paket residensial dan jelajah. Harga dasar pada awalnya ditetapkan Rp7,8 juta langsung terkena kebijakan potongan harga sekitar Rp3 juta hingga pengguna hanya cukup membayar Rp4,68 juta.

Diskon berlaku hingga 10 Juni 2024. Anda yang tertarik dapat memiliki Starlink Kit berisi antena X, router, dan dua kabel penghubung-termasuk power listrik dapat, dengan melakukan registrasi di situs resmi Starlink Indonesia.

Ine Minara S. Ruky, akademisi dari Universitas Indonesia (UI) menjabarkan bahwa predatory pricing bermula dari niat untuk mematikan pesaing. Pelaku predatory pricing kerap menetapkan harga di bawah biaya produksi, sehingga praktik ini tidak melulu soal lebih murah atau membandingkan satu hari di suatu tempat dengan lainnya.

Ine menyampaikan pandangannya dalam forum diskusi yang diadakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) di Jakarta. Hadir pula beberapa serikat pelaku bisnis terkait seperti Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI), serta Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) dan perwakilan Starlink Indonesia.