Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan menaikkan prospek pendapatan untuk tahun fiskal yang berakhir pada Februari 2025 antara US$93,5 miliar hingga $97,5 miliar, meningkat 8% pada titik tengah, melampaui perkiraan rata-rata analis yang memperkirakan kenaikan 7%. Laba yang disesuaikan akan menjadi sekitar US$7,65 per saham, dibandingkan dengan estimasi rata-rata US$7,7.

Namun, kegembiraan seputar permintaan AI untuk mesin Dell meningkatkan ekspektasi untuk hasil hari Kamis, kata Woo Jin Ho, seorang analis di Bloomberg Intelligence.

Saham turun ke level terendah US$138,15 dalam perdagangan yang diperpanjang setelah ditutup pada US$169,92 di New York. Saham Dell naik lebih dari tiga kali lipat selama 12 bulan terakhir karena para investor melihat pembuat perangkat keras ini sebagai penerima manfaat dari permintaan kecerdasan buatan. 

Perusahaan-perusahaan besar semakin membutuhkan server bertenaga tinggi untuk melatih dan menjalankan tugas-tugas AI generatif yang berat, yang dijual oleh Dell dan beberapa perusahaan lain.

“Hasilnya tidak buruk, tetapi ekspektasi sangat tinggi, dan angka-angka itu tidak cukup kuat untuk memicu kenaikan jangka pendek,” tulis analis di Vital Knowledge.

Untuk bisnisnya yang lebih dikenal dengan penjualan komputer pribadi, Dell melaporkan pendapatan US$12 miliar, tak banyak berubah dari sebelumnya. Penjualan PC bisnis meningkat 3% menjadi US$10,2 miliar, mengejutkan para analis yang memperkirakan penurunan sebesar 2%.

Pasar PC telah mengalami penurunan bersejarah selama dua tahun terakhir setelah banyak konsumen, bisnis, dan sekolah membeli laptop pada bulan-bulan awal pandemi. Pada kuartal pertama, pengiriman meningkat 1,5% —peningkatan pertama sejak akhir 2021 — analis industri IDC mengatakan pada bulan April. 

Para pembuat PC berharap angka-angka itu menandakan berakhirnya kemerosotan dan pertumbuhan akan meningkat pada tahun 2024 dengan peluncuran mesin yang dilengkapi dengan versi baru perangkat lunak Windows Microsoft Corp. serta perangkat keras yang dilengkapi dengan chip untuk menangani alat kecerdasan buatan.

Pesaing utama PC Dell, HP Inc, melaporkan tanda-tanda pulihnya pasar komputer pada hari Rabu, membuat sahamnya naik 17% pada hari Kamis. Seperti Dell, HP melaporkan peningkatan penjualan di antara pelanggan bisnisnya daripada konsumen.

Total penjualan di unit infrastruktur Dell, yang meliputi server dan peralatan jaringan dan penyimpanan, melonjak 22% menjadi US$9,2 miliar.

(bbn)

No more pages