Logo Bloomberg Technoz

Jika digigit pada permukaan emas menimbulkan bekas gigitan yang tertinggal maka artinya emas ini asli.

Atau pemilik emas juga bisa melakukan cara dengan mendekatkan emas anda dengan magnet. Jika didekatkan maka magnet emas tidak akan tertarik atau menempel.

Tetapi pada pengujian ini tak menjamin keaslian emas karena masih banyak logam lain yang memilki sifat non magnetis.

Bisa juga dengan embawa emas yang telah dibeli ke butik Antam LM terdekat. Di sana, petugas akan menentukan keaslian dan kadar emas yang terkandung di dalamnya.

Sebelumnya diberitakan, Keenam tersangka ini diduga menyalahgunakan kewenangan dengan melakukan aktivitas ilegal terhadap jasa manufaktur yang harusnya berupa peleburan pemurnian percetakan logam mulia (LM) Antam dalam rentang waktu dari 2010 hingga 2021.

Jadinya dengan kata lain mereka melakukan pemalsuan emas Antam dan meletakkan merek LM Antam yang bukan merupakan ahsil peleburan perusahaan hingga mencapai 109 ton.

"Para tersangka mengetahui dan menyadari bahwa merek LM Antam tersebut adalah merek dengan nilai ekonomis," ujar Kuntadi dalam konferensi pers.

Selain itu, bisa juga dengan membawa emas anda untuk dites dengan cara meneteskan asam. 

Cara ini digunakan para pedagang emas dan toko perhiasan. Ketika ingin melakukan sendiri maka diperlukan kehati-hatian sebab cairan nitrat cukup berbahaya bagi tubuh dan pernapasan.

Cara melakukannya yakni dengan meneteskan asam nitrat ke emas kemudian amati reaksinya. Emas asli tak akan berubah warna saat ditetesi oleh asam nitrat. 

Semoga tips tersebut membantu anda untuk mengetahui apakah emas yang anda miliki asli.

(spt)

No more pages