Logo Bloomberg Technoz

Belanja konsumen mengalami penurunan karena pengeluaran untuk barang - terutama mobil - jauh lebih lemah. Ekspor dan belanja pemerintah melambat, sementara investasi perumahan dan impor meningkat dibandingkan dengan perkiraan awal.

Penurunan revisi terhadap pengeluaran konsumen sebagian diimbangi oleh investasi bisnis dan perumahan yang lebih kuat. Ukuran utama dari permintaan domestik yang mendasarinya, yang dikenal sebagai penjualan final kepada pembeli domestik swasta, naik 2,8% dibandingkan dengan peningkatan 3,1% yang pada awalnya dilaporkan.

Para ekonom telah merujuk pada kekuatan metrik ini sebagai alasan untuk meyakini bahwa permintaan masih kuat, meskipun angka PDB utama terlihat lemah jika dibandingkan.

Pendapatan Domestik Bruto

Selain estimasi PDB kedua, BEA juga menerbitkan data tentang pendapatan domestik bruto (Gross Domestic Income/GDI), ukuran utama aktivitas ekonomi lainnya. Menurut laporan tersebut, GDI naik 1,5% pada kuartal pertama. PDB mengukur pengeluaran untuk barang dan jasa, sedangkan GDI mengukur pendapatan yang dihasilkan dan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut.

Data GDI juga mencakup angka keuntungan perusahaan. Pada kuartal pertama, laba sebelum pajak yang disesuaikan turun 0,6%, penurunan pertama dalam setahun. Laba setelah pajak sebagai bagian dari nilai tambah bruto untuk perusahaan non-keuangan, ukuran margin laba agregat, sedikit berubah di 15,2%.

Di sisi inflasi, metrik favorit bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) - indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (personal consumption expenditures price index/PCE) - naik pada tingkat tahunan 3,3% pada kuartal pertama, sedikit turun dari proyeksi awal. Tidak termasuk makanan dan energi, PCE inti naik 3,6%, dibandingkan dengan 3,7% pada perkiraan sebelumnya.

Para ekonom sedang menantikan rilis data PCE bulanan untuk April, yang akan dirilis pada Jumat dari BEA, setelah laporan yang diterbitkan awal bulan ini menunjukkan pertumbuhan penjualan ritel yang terhenti dan kenaikan harga konsumen yang lebih lambat pada awal kuartal kedua.

Data terpisah yang keluar pada Kamis menunjukkan bahwa klaim awal untuk tunjangan pengangguran sedikit berubah dalam minggu terakhir di level rendah.

(bbn)

No more pages