Logo Bloomberg Technoz

Jokowi telah memilih sembilan nama menjadi anggota Pansel KPK yang terdiri dari lima tokoh dari unsur pemerintahan dan empat tokoh dari unsur masyarakat. 

Pansel KPK akan dipimpin Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, dengan wakil Rektor IPB dan Ketua Umum ICMI, Arief Satria.

Kepala Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana tercatat sebagai salah satu anggota pansel yang dipilih Jokowi. Pejabat eksekutif lainnya yang juga masuk daftar adalah Kepala Badan Strategi dan Kebijakan Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM, Ambeg Paramarta

Pansel ini juga berisi seorang petinggi BUMN yaitu Nawal Nely yang saat ini menjabat Komisaris PT PLN (Persero). Selain itu, pansel juga diisi jajaran BUMN lainnya yaitu ekononom yang juga menjadi komisaris PT Inalum, Ahmad Erani Yustika.

Tiga perwakilan unsur masyarakat lainnya adalah Guru Besar Hukum Pidana Universitas Andalas, Elwi Danil. Dia pernah tampil sebagai saksi yang meringankan dalam sidang kasus pembunuhan eks Kadiv Propram Polri, Ferdy Sambo.

Dua nama lainnya adalah Dewan Pengurus Transparency International Indonesia, Rezki Sri Wibowo; dan Taufik Rachman.

(fik/frg)

No more pages