Logo Bloomberg Technoz

Respons KPK Soal Sosok Pansel Pilihan Jokowi

Muhammad Fikri
30 May 2024 20:20

Juru Bicara KPK Ali Fikri saat konfrensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Juru Bicara KPK Ali Fikri saat konfrensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menetapkan Panitia Seleksi calon pimpinan (Pansel KPK) dan Dewan Pengawas (Dewas KPK) Periode 2024-2029. Sembilan nama telah terpilih mulai dari pejabat lembaga negara, komisaris BUMN, hingga akademisi.

Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, lembaganya berharap anggota Pansel KPK bisa bekerja optimal dan independen dalam proses seleksi. Hal ini diharapkan mampu menghasilkan sosok-sosok pimpinan KPK baru yang ideal.

"[Pansel KPK harus] melepas kepentingan-kepentingan lain, selain kepentingan pemberantasan korupsi yang efektif ke depannya," kata Ali Fikri, Kamis (30/5/2024).

Dalam proses seleksi, Pansel juga diharapkan mampu melahirkan calon pimpinan KPK yang memiliki rekam jejak dan komitmen tinggi terhadap pemberantasan korupsi. Para calon ini juga diharapkan berintegritas, bebas dari konflik kepentingan, dan mampu menjalankan tugas secara profesional.

"Dimana pemberantasan korupsi melalui penindakan (upaya represif) harus betul-betul bisa memberikan efek jera bagi para pelakunya, sekaligus pemulihan atas kerugian negara secara optimal," kata Ali Fikri.