Logo Bloomberg Technoz

Apindo: Tapera Memberatkan, Cuma Tiruan MLT BPJS Ketenagakerjaan

Pramesti Regita Cindy
30 May 2024 18:40

Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani dalam acara Bloomberg Technoz Ecofest di Jakarta, Rabu (27/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani dalam acara Bloomberg Technoz Ecofest di Jakarta, Rabu (27/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berkeras bahwa Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan program yang tumpang tindih dengan program pemerintah serupa yakni Manfaat Layanan Tambahan (MLT) melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Umum Apindo Shinta W. Kamdani berpendapat Tapera hanyalah duplikasi dari pada program MLT, apalagi program BPJS Ketenagakerjaan yang ditujukan untuk mempermudah pekerja membeli hunian ini telah ada terlebih dahulu.

"Buat apa kemudian ada Tabungan [Perumahan Rakyat]? Ini tabungan bukan jaminan sosial. Jaminan sosial kan kita sudah ada. Buat apa ada duplikasi ini?" ujar Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani ketika ditemui di Bursa Efek Indonesia, Kamis (30/5/2024).

Terlebih, menurutnya, MLT dalam program JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan telah mengalokasikan dana sekitar Rp400 triliun, yang sepertiganya digunakan untuk layanan tambahan, termasuk perumahan.

(Dok. BPJS Ketenagakerjaan)

"[MLT] ini sudah jalan programnya, jadi harapan kami justru musti kita kembangkan, kita tingkatkan. Kita kerja sama BPJS dengan Himbara [Himpunan Bank Milik Negara] dan bank-bank daerah," jelasnya.