Logo Bloomberg Technoz

Marc Mobius Sebut Saham di Bursa China Menjanjikan

News
30 May 2024 17:30

Mark Mobius. (Sumber: Bloomberg)
Mark Mobius. (Sumber: Bloomberg)

Sangmi Cha - Bloomberg News

Bloomberg, Mark Mobius mengatakan saham China "menjanjikan" seiring rebound baru-baru ini yang menandakan keyakinan investor, membalikkan seruannya pada April lalu agar investor menghindari saham tersebut.

Manajer investasi berusia 87 tahun tersebut kini optimis terhadap saham China sekitar tiga hingga empat minggu lalu, ketika ia melihat peluang pemulihan seiring pemerintah mengeluarkan langkah-langkah untuk mendukung sektor properti. Hal ini merupakan "cahaya di ujung terowongan," kata salah satu pendiri Mobius Capital Partners LLP itu pada jumpa pers di Hong Kong pada Kamis (30/05/2024).

"Saat berinvestasi, Anda tidak ingin melangkah di depan kereta api berkecepatan tinggi yang melaju ke arah Anda. Jadi Anda menyingkir dan membiarkan kereta lewat, biarkan pasar turun dengan cepat," ujarnya. "Ketika mencapai titik terendah, barulah Anda bisa mulai melihat - oke - sekarang saatnya untuk mulai melihat pemulihan."

Indeks MSCI China naik lebih dari 30% antara titik terendah di Januari dan puncak pada 20 Mei. Reli yang didorong oleh serangkaian kebijakan untuk mengatasi krisis properti dan mendorong permintaan konsumen ini telah kehilangan momentum selama sepekan terakhir di tengah aksi ambil untung. Mobius memprediksi pertumbuhan ekonomi sebesar 4% hingga 5% karena ia memperkirakan yuan yang melemah akan mendorong ekspor negara tersebut.

Perbandingan saham China & India. (Sumber: Bloomberg)