Logo Bloomberg Technoz

Pesan Provokatif Politikus AS di Rudal Israel untuk Serang Gaza

Redaksi
30 May 2024 15:50

Nikki Haley di Israel. (Fotografer: Kobi Wolf/Bloomberg)
Nikki Haley di Israel. (Fotografer: Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nikki Haley, politikus AS yang sebelumnya gagal mencalonkan diri sebagai presiden, memicu kontroversi usai menulis pesan bertuliskan 'Hancurkan Mereka!' pada rudal Israel yang digunakan untuk menyerang Gaza.

Seperti diberitakan di sejumlah media, pesan tersebut dituliskan Haley saat berkunjung ke perbatasan utara Israel dengan Lebanon. Dia ditemani oleh Danny Danon, mantan duta besar Israel untuk PBB dan anggota Partai Likud yang dipimpin Benjamin Netanyahu.

Pesan tersebut dituliskan Haley ketika Israel terus membombardir Rafah. Sejauh ini, korban tewas warga Palestina di Gaza telah mencapai 36.000 orang dan 15.000 di antaranya diperkirakan merupakan anak-anak.

Berbicara kepada wartawan, Haley mengaku tidak menyesal. Dia mengkritik pemerintahan Joe Biden karena menahan pengiriman senjata ke Israel untuk sementara waktu, yang bertujuan mencegah serangan mereka ke Rafah. Haley juga mengecam Pengadilan Pidana International (International Criminal Court) yang berupaya menangkap Netanyahu, dan Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ) yang sedang mempertimbangkan tuduhan genosida terhadap Israel.

"Apa yang Amerika perlu pahami adalah jika Israel memerangi musuh-musuh kita. Mengapa kita tidak membantu mereka?" kata Haley.