Logo Bloomberg Technoz

Hagari mengatakan dalam pernyataannya bahwa "Koridor Philadelphi berfungsi sebagai jalur oksigen bagi Hamas, yang biasa digunakan untuk menyelundupkan senjata ke wilayah Jalur Gaza." Dia merujuk pada kelompok militan yang menguasai Jalur Gaza.

Hagar tidak menjelaskan secara khusus apa yang dimaksud dengan "kendali operasional", tetapi seorang pejabat militer Israel sebelumnya menyatakan bahwa "ada personel (militer Israel) di lapangan" di sepanjang bagian koridor perbatasan tersebut.

Pada awal Mei lalu, serangan darat Tel Aviv terhadap wilayah itu dimulai, dan pasukan Israel mengambil alih sisi Palestina di perbatasan Rafah dengan Kairo. Pengambilalihan koridor penting di perbatasan Jalur Gaza dan Mesir itu terjadi beberapa pekan kemudian.

Hingga tahun 2005, sebagai bagian dari pelepasan kendali yang lebih luas atas Jalur Gaza, pasukan Israel masih melakukan patroli di koridor perbatasan itu.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa warga Palestina menggunakan terowongan yang ditemukan di bawah koridor untuk menghindari blokade Jalur Gaza oleh Israel, di mana mereka menyelundupkan senjata, mobil, dan hewan eksotik.

Otoritas Mesir pernah membanjiri terowongan di wilayah itu dalam upaya menghentikan penyelundupan.

(red/ros)

No more pages