Logo Bloomberg Technoz

Polio Ditularkan dari Lingkungan Tak Bersih, Kenali Gejalanya

Dinda Decembria
30 May 2024 11:30

Infografis Kenali Tanda-tanda Diabetes pada Anak (Bloomberg Technoz)
Infografis Kenali Tanda-tanda Diabetes pada Anak (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kasus penyakit polio di 2024 naik di beberapa wilayah RI. Penyakit yang menyerang susunan saraf pusat ini pada umumnya menyerang anak-anak.

Dokter Wistiani, SpA (K), MSi, MED dari Rumah Sakit Kariadi Semarang mengatakan pada awalnya anak akan mengalami gejala nyeri dan kesusahan untuk berjalan.

"Kelumpuhan aktivitas terganggu tidak banyak digunakan. Ototnya mengecil, tidak dapat digunakan, karena adanya gangguan mekanisme tubuhnya, mengalami kompensasi jalan sering jadi pincang, kakinya besar dari satunya. Bisa dipahami, berisiko terjadi disabilitas, menganggu aktivitas anak-anak sehari-hari," kata Wistiani dalam live Instagram Kementerian Kesehatan, Kemenkes RI, Rabu (29/5).

Dokter Wistiani menjelaskan polio dapat ditularkan melalui virus yang didapat dari lingkungan sekitar yang tak bersih. Selain itu penularan juga melalui droplet.

"Terutama daerah sanitasi daerah kurang, kecukupan air bersih kurang dan dia banyak kita jumpai pada misalnya fases. Lama, contohnya feses, atau droplet berapa minggu atau bulan tentu saja lingkungan seperti ini, potensi ini penularan sangat besar," ungkapnya.