Logo Bloomberg Technoz

Skandal Adani: Jhonlin Pastikan Tak Terlibat Manipulasi Batu Bara

Redaksi
30 May 2024 10:35

Warga beraktivitas di depan logo Adani Group di Mumbai, India, Jumat (27/1/2023). (Indranil Aditya/Bloomberg)
Warga beraktivitas di depan logo Adani Group di Mumbai, India, Jumat (27/1/2023). (Indranil Aditya/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Jhonlin Baratama memastikan telah melakukan transaksi sesuai aturan saat menjual batu bara milik perusahaan ke Adani Group, kelompok usaha konglomerat asal India yang diduga pernah melakukan manipulasi harga dan kualitas komoditas yang diimpor dari Indonesia tersebut.  

Perwakilan Jhonlin mengatakan, dalam proses pembelian batu bara oleh Adani, Johnlin hanya bertindak sebagai penjual dan tidak terlibat dalam dugaan penipuan.

“Kami melakukan praktik bisnis batu bara sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia maupun aturan internasional. Reputasi itu kami pegang dan pertahankan ke seluruh Jhonlin Group, seperti yang selalu ditekankan dan dipraktikkan pendiri, yaitu Haji Isam,” kata Junaidi Tirtanata, pengacara Jhonlin Group dalam pernyataan resmi, Kamis (30/5/2024).

Gautam Adani (Kobi Wolf/Bloomberg)

Sebelumnya, Adani Group diduga melakukan penipuan berupa manipulasi harga dan kualitas batu bara asal Indonesia yang dijual kepada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik perusahaan listrik di Negeri Bollywood.

Hal itu sebagaimana termaktub dalam laporan bertajuk New Evidence Bolsters Allegations Adani Group Overcharged for Coal dari Organized Crime and Corruption Reporting Project (OCCRP). Dokumen yang diperoleh OCCRP menunjukkan kapal MV Kalliopi L mengangkut batu bara asal Indonesia pada Desember 2013.