Logo Bloomberg Technoz

Riuh Skandal Adani, Ekspor Batu Bara RI ke India Masih Lancar

Dovana Hasiana
30 May 2024 11:40

Tambang batu bara di Chhattisgarh, India./Bloomberg-Anindito Mukherjee
Tambang batu bara di Chhattisgarh, India./Bloomberg-Anindito Mukherjee

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia/Indonesia Coal Mining Association (APBI/ICMA) memastikan dugaan skandal penipuan Adani Group, yang menyerempet salah satu perusahaan batu bara di Indonesia, tidak akan membawa dampak maupun sentimen serius terhadap industri tambang di Tanah Air.

Plt Direktur Eksekutif APBI/ICMA Gita Mahyarani mengatakan kejadian penipuan oleh grup konglomerat yang dipimpin Gautam Adani tersebut sepenuhnya terjadi di area negara tujuan, alias di India, dan tidak mencakup keterlibatan Indonesia.

“Tidak [memberikan dampak], itu kejadian sepenuhnya berada di area negara tujuan,” ujar Gita saat dimintai konfirmasi, dikutip Kamis (30/5/2024).

Selain itu, Gita juga mengonfirmasi bahwa arus dan kinerja ekspor batu bara dari Indonesia ke India sejauh ini masih normal.

Miliarder dan ketua Grup Adani, Gautam Adani. (Kobi Wolf/Bloomberg)


Menyitir data Badan Pusat Statistik (BPS), India merupakan negara tujuan utama ekspor batu bara Indonesia pada 2022. Bahkan, volume ekspor ke India berhasil mengungguli China yang berada pada posisi kedua.