Logo Bloomberg Technoz

Dia memaparkan Posko Bandung akan ditempatkan di Lanud Husein Sastranegara dan bertanggungjawab untuk pengisian waduk di wilayah Jawa Barat. Sementara itu, Posko Jakarta akan ditempatkan di Lanud Halim Perdana Kusuma dan bertanggungjawab terhadap pengisian waduk di Sebagian wilayah Jawa Barat dan Banten.

Selanjutnya, Posko Solo akan ditempatkan di Lanud Adi Sumarmo dan bertanggungjawab terhadap pengisian waduk di wilayah Jawa Tengah. Terakhir, Posko Surabaya akan ditempatkan di Lanud Muljono dan bertanggungjawab untuk pengisian waduk di wilayah Jawa Timur.

Memasuki masa transisi dari musim hujan menuju musim kemarau, BMKG telah memberikan peringatan dini perihal kondisi iklim dan kesiapsiagaan kekeringan 2024 yang perlu menjadi perhatian, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Dalam informasi tersebut dipaparkan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami kekeringan pada musim kemarau, terutama wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang sudah mengalami hari tanpa hujan cukup panjang.

Berdasarkan hasil pemantauan terhadap anomali iklim global, masih ada peluang pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya mitigasi dan antisipasi sebelum memasuki puncak musim kemarau.

Maka itu, salah satu upaya atau langkah mitigasi yang dapat dilakukan adalah dengan penerapan operasi modifikasi cuaca. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan awan hujan pada periode transisi sebelum memasuki puncak kemarau, sehingga bisa mengisi tampungan air atau waduk di daerah yang berpotensi mengalami kekeringan tersebut.

Pelaksanaan operasi modifikasi cuaca ini sesuai dengan arahan dari Menteri PUPR yang akan menjadikannya sebagai proyek percontohan untuk pelaksanaan operasi modifikasi cuaca lain di seluruh waduk-waduk yang ada Indonesia.

Tujuan utamanya selain untuk antisipasi kekeringan adalah untuk mendukung program ketahanan pangan dari pemerintah.

(lav)

No more pages