Logo Bloomberg Technoz

Cegah Kekeringan, BMKG, PUPR, BRIN, TNI Lakukan Modifikasi Cuaca

Redaksi
30 May 2024 07:10

Ilustrasi Cuaca Panas (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Cuaca Panas (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan TNI Angkatan Udara untuk melakukan operasi modifikasi cuaca secara serempak di Jawa. 

Langkah ini dilakukan dengan mengisi air di 35 waduk guna mengamankan pasokan air, terutama pada jaringan irigasi pertanian, sehingga dapat mencukupi kebutuhan air selama musim kemarau.

"Melalui Deputi Modifikasi Cuaca BMKG, langkah ini dilakukan sebagai upaya sinergitas antar lembaga dalam upaya mitigasi bencana kekeringan," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulis, Kamis (30/5/2024).

Dwikorita menjelaskan kegiatan operasi modifikasi cuaca untuk mengisi waduk-waduk di Jawa dijadwalkan berlangsung pada 30 Mei hingga 10 Juni 2024 dengan 4 posko yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Operasi ini didukung 4 pesawat jenis CASA 212 milik TNI AU dari Lanud Abd. Rahman Saleh Malang. Setiap posko akan bertanggungjawab untuk mengisi bendungan yang masuk dalam area jangkauan posko tersebut.