Logo Bloomberg Technoz

Korut Tembakkan Rudal Balistik Beberapa Hari Usai Roketnya Gagal

News
30 May 2024 06:40

Korea Utara luncurkan rudal balistik. (Sumber: Bloomberg)
Korea Utara luncurkan rudal balistik. (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) menembakkan beberapa rudal balistik yang dicurigai pada Kamis (29/5/2024), hanya beberapa hari setelah program luar angkasa pemimpin Kim Jong Un mendapat pukulan ketika sebuah roket meledak tak lama setelah lepas landas.

Militer Korea Selatan mendeteksi sekitar selusin proyektil yang diduga rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan dari sebuah area dekat bandara internasional utama Pyongyang ke arah timur sekitar pukul 06.14 pagi, kata Kepala Staf Gabungan dalam sebuah pesan teks kepada wartawan.

"Militer kami telah memperkuat pengawasan dan kewaspadaan dalam persiapan untuk peluncuran tambahan," kata pesan itu, menambahkan bahwa Korea Selatan mempertahankan kesiapan penuh dengan berbagi informasi terkait rudal balistik dengan pihak berwenang AS dan Jepang.

Pasukan Penjaga Pantai Jepang mengatakan bahwa apa yang tampaknya merupakan rudal balistik telah jatuh. Proyektil tersebut kemungkinan besar jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang, demikian laporan lembaga penyiaran nasional NHK.