Logo Bloomberg Technoz

Jaksa mengatakan Trump mengarahkan Cohen untuk membayar US$130.000 kepada bintang film dewasa Stormy Daniels sebelum pemilu 2016 untuk mencegahnya mengungkap cerita tentang hubungan seksual yang dia klaim pernah mereka lakukan. Jaksa menuduh Trump mengganti uang yang dibayarkan Cohen untuk skema tutup mulut tersebut dengan beberapa pembayaran yang dicatat sebagai "layanan hukum" dalam buku perusahaan. Namun, tim Trump mengklaim uang tersebut sebenarnya untuk pekerjaan yang berurusan dengan hukum.

Apa yang terjadi sekarang?

Juri, yang identitasnya dirahasiakan selama persidangan, akan berunding secara tertutup. Selama proses ini, anggota juri dapat mengirim catatan kepada hakim untuk meminta klarifikasi tentang poin-poin tertentu, melihat kembali bukti, atau mendengarkan ulang kesaksian dari saksi. Putusan panel harus bulat dan tidak ada batas waktu untuk musyawarah juri. Setelah putusan dicapai, akan dibacakan di pengadilan terbuka oleh hakim, panitera, atau ketua juri.

Bagaimana jika juri tidak sepakat?

Jika para juri tidak dapat mencapai keputusan bulat, Merchan dapat mencoba mengakhiri kebuntuan dengan memberikan instruksi hukum baru — yang disebut Allen Charge — yang mendorong para juri untuk mencapai kesepakatan. Instruksi seperti itu biasanya diberikan tidak lebih dari satu atau dua kali. Jika panel masih terpecah, hakim harus menyatakan persidangan batal dan membubarkan panel.

Jaksa kemudian dapat mencoba untuk mengadili ulang kasus tersebut. Namun, tidak jelas seberapa cepat Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg akan mengajukan persidangan baru atau apakah persidangan lain bisa terjadi sebelum pemilu November. Kantornya menolak berkomentar.

Dapatkah juri memvonis Trump atas beberapa tuduhan saja?

Ya, juri dapat memutuskan untuk memvonis Trump pada beberapa dari 34 tuduhan. Untuk tuduhan yang dia dibebaskan, dia tidak dapat diadili kembali. Jika juri terpecah pada salah satu tuduhan, itu akan menjadi keputusan kantor Bragg apakah akan mengejar persidangan kedua.

Jika panel tidak yakin akan kesalahan mantan presiden di luar keraguan yang wajar dan sepakat, mereka dapat membebaskannya. Jika itu terjadi, jaksa tidak bisa mengadilinya kembali.

Apa yang terjadi jika Trump dinyatakan bersalah?

Jika Trump dinyatakan bersalah atas salah satu dari 34 tuduhan, langkah berikutnya adalah Merchan menjatuhkan hukuman.

Seorang terdakwa yang dinyatakan bersalah atas tuduhan kejahatan biasanya dijatuhi hukuman penjara, tetapi tidak ada dalam undang-undang yang mewajibkannya. Merchan bisa saja menjatuhi Trump hukuman percobaan, terutama jika dia memutuskan bahwa keringanan hukuman diperlukan karena mantan presiden berusia 77 tahun dan merupakan pelanggaran pertama tanpa catatan kriminal. Trump juga bisa diperintahkan untuk membayar denda atau sanksi finansial.

Namun, Merchan telah menjelaskan bahwa dia serius menangani kejahatan kerah putih, atau mereka dengan wewenang tinggi, dan sudah memperingatkan Trump bahwa dia bisa menahannya di penjara karena berulang kali melanggar perintah pembungkaman. Dia juga mengakui persyaratan keamanan unik untuk memenjarakan mantan presiden di bawah perlindungan 24 jam dari Secret Service.

Berapa lama Trump bisa dipenjara?

Biasanya, terdakwa negara bagian New York dijatuhi hukuman dalam waktu sebulan setelah dinyatakan bersalah. Dan, jika dipenjara, diperintahkan untuk melapor ke penjara dalam beberapa minggu.

Setiap tuduhan adalah kejahatan Kelas E, dengan ancaman hukuman penjara berkisar antara 1 1/3 tahun hingga empat tahun. Jika Trump dinyatakan bersalah atas lebih dari satu tuduhan, Merchan dapat menjatuhkan hukuman bersamaan, artinya mantan presiden akan menjalani semua hukuman penjaranya secara bersamaan. Dia juga bisa memerintahkan Trump untuk menjalani hukuman satu demi satu, tetapi para ahli hukum mengatakan itu tidak mungkin.

Bisakah Trump mengajukan banding?

Ya. Langkah pertama adalah pengadilan banding Manhattan dan akhirnya banding bisa mencapai Pengadilan Banding New York, pengadilan tertinggi negara bagian di Albany. Trump akhirnya bisa meminta Mahkamah Agung AS untuk mempertimbangkannya.

Keputusan untuk memenjarakan Trump atau membiarkannya bebas sementara dia mengajukan banding akan ada di tangan Hakim Merchan. Sementara terdakwa pidana di negara bagian New York biasanya dapat dipenjara ketika proses banding berlangsung, hal ini belum tentu berlaku bagi Trump karena dia didakwa dengan kejahatan kerah putih tanpa kekerasan.

Jika Trump dinyatakan bersalah, di mana dia bisa menjalani hukumannya?

Tidak jelas di mana Trump akan menjalani hukuman penjara, meskipun Secret Service AS, yang melindungi presiden saat ini atau mantan presiden, telah bertemu dengan pejabat federal, negara bagian, dan kota untuk membahas kemungkinan Trump dipenjara, lapor New York Times.

Jika Trump terbukti bersalah dan dijatuhi hukuman penjara satu tahun atau kurang, dia mungkin bisa menjalani hukumannya di Rikers Island, New York, yang mencakup tujuh penjara. Allen Weisselberg, 76 tahun, mantan kepala keuangan Trump Organization yang baru-baru ini mengaku bersalah atas sumpah palsu, sedang menyelesaikan hukuman lima bulan di unit medis di kompleks tersebut.

Apakah vonis akan berarti Trump tidak bisa mencalonkan diri kembali?

Trump masih bisa mencalonkan diri meskipun dihukum. Konstitusi AS menetapkan beberapa persyaratan kelayakan untuk posisi tersebut, termasuk tidak ada pembatasan berdasarkan karakter atau catatan kriminal.

Kasus pidana apa lagi yang masih tertunda?

Sejak dakwaan di New York diajukan terhadap Trump pada Maret 2023, mantan presiden tersebut telah didakwa tiga kali lagi, termasuk dua kasus federal. Kemungkinan besar tidak ada satupun yang akan terjadi sebelum pemilu di bulan November.

Bagaimana putusan bisa mempengaruhi pemilu 2024?

Kemenangan Trump akan berarti bahwa AS menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana seorang penjahat yang dihukum menjabat sebagai kepala negara — sebuah fakta yang tidak jarang di seluruh dunia, tetapi yang selalu dihindari oleh AS. Trump telah membandingkan dirinya dengan pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela, yang dipenjara selama 27 tahun karena menentang rezim apartheid.

Yang kurang jelas adalah bagaimana hal ini dapat mempengaruhi hasil pemilu.

Bisakah Trump mengampuni dirinya sendiri jika terpilih kembali?

Tidak, karena kasus di Manhattan diajukan oleh jaksa negara bagian, bukan jaksa federal. Hal ini juga berlaku dalam kasus di Fulton County, Georgia, yang, seperti di New York, adalah penuntutan negara bagian. Namun dalam dua kasus federal, Trump secara teoritis bisa mengarahkan Departemen Kehakiman untuk membatalkan kasus-kasus tersebut jika terpilih kembali.

(bbn)

No more pages