Logo Bloomberg Technoz

Mobil Hybrid Terbaru BYD Bisa Melaju Non-Stop Lebih dari 2.000 Km

News
29 May 2024 19:20

Produsen Mobil Listrik BYD asal China. (Dok: Bloomberg)
Produsen Mobil Listrik BYD asal China. (Dok: Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, BYD Co memperkenalkan mesin hybrid baru yang mampu menempuh jarak lebih dari 2.000 kilometer tanpa perlu diisi ulang atau diisi bensin. Ini semakin memanaskan persaingan transisi kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) dengan pemain seperti Toyota Motor Corp dan Volkswagen AG.

Teknologi terbaru ini, yang bertujuan untuk memberikan keunggulan BYD dibanding kompetitor, akan segera diluncurkan pada dua sedan dengan harga di bawah 100.000 yuan (sekitar Rp223,6 juta). Hal tersebut disampaikan oleh BYD pada acara yang disiarkan langsung pada Selasa (28/05/2024) malam dari China.

Jarak tempuh yang lebih jauh ini berarti beberapa mobil hybrid plug-in BYD dapat menempuh jarak setara Singapura ke Bangkok, New York ke Miami, atau Munich ke Madrid dengan sekali pengisian daya dan tangki bensin penuh. Ini menandai pencapaian terbaru BYD dalam mengurangi konsumsi bahan bakar sejak memperkenalkan hybrid pertama mereka pada 2008.

BYD yang berbasis di Shenzhen telah menggebrak pasar mobil China dengan potongan harga yang luas - meskipun mengorbankan profitabilitas mereka sendiri - dan penempatan hybrid jarak jauh ini mungkin akan semakin memanaskan perang harga. Perusahaan ini menjual 3 juta mobil tahun lalu dan telah mengirimkan hampir 1 juta mobil hingga April tahun ini.  Satu dari setiap dua kendaraan hybrid yang terjual di China adalah BYD, yang menggarisbawahi betapa pentingnya mereka sebagai pendorong pendapatan dan keuntungan bagi pabrikan tersebut.