Logo Bloomberg Technoz

Trump Jadi Mantan Presiden AS Pertama jadi Terdakwa

News
31 March 2023 11:44

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Patricia Hurtado dan Greg Farrell, Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump akan menjadi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) yang mendapat banyak sekali tuduhan hukum. Ia menyangkan hal tersebut karena tidak pernah ada mantan presiden Amerika Serikat (AS) yang diperlakukan seperti ini. 

Trump menghadapi serangkaian langkah mempermalukan setelah didakwa oleh juri di pengadilan Manhattan pada Kamis (30/3) terkait uang tutup mulut yang dibayarkan ke seorang bintang film porno pada periode kampanye pemilu 2016 - satu peristiwa bersejarah di panggung politik dan hukum AS yang hampir pasti memecah masyarakat dan pemilih AS yang memang sudah terpolarisasi. 

Presiden AS ke-45, yang menjadi mantan presiden pertama yang dikenai dakwaan, ini akan ambil sidik jarinya dan diambil foto seperti penjahat ketika dia mendatangi Gedung Pengadilan Negara Bagian New York untuk menghadapi dakwaan itu. 

Kemungkinan besar dia tidak akan diborgol atau dibawa masuk melewati gerombolan fotografer seperti "perjalanan penjahat" tradisional. Dan dia hampir pasti akan dibebaskan atas tanggungan sendiri, dibawah perindungan Dinas Rahasia, bukannya langsung ditahan.