Logo Bloomberg Technoz

Pertalite Tidak Dibatasi, Begini Cara Belinya di SPBU Pertamina

Dovana Hasiana
30 May 2024 06:10

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian
Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga mulai melakukan proses pendataan kendaraan pengguna bahan bakar minyak (BBM) Pertalite.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan pilot project pendataan QR Code Pertalite sudah mulai dilaksanakan sejak akhir 2023. Hingga kini, uji coba penggunaan QR Code untuk transaksi telah dilaksanakan di 41 Kota/Kabupaten.

“Sama halnya seperti penggunaan QR Code untuk Solar subsidi yang sudah berjalan, untuk uji coba penggunaan QR Code untuk pembelian Pertalite khusus kendaraan roda empat juga telah diimplementasikan di 41 kota/kabupaten," ujar Irto dalam siaran pers, dikutip Rabu (29/5/2024).

"Saat ini pendataan masih berjalan dan ke depan implementasinya akan diperluas ke wilayah lainnya. Pararel, kami juga menunggu arahan Pemerintah terkait revisi Perpres 191 Tahun 2014."

Irto menegaskan pendataan ini adalah untuk mengetahui siapa saja konsumen pengguna Pertalite dan bukan membatasi pembelian. Pertamina Patra Niaga menghimbau agar masyarakat yang belum mendaftarkan kendaraannya, dapat segera melakukan pendaftaran di website Subsidi Tepat.

Petugas mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)