Logo Bloomberg Technoz

IMD mengatakan Aya Nagar di Delhi mencatat rekor tertinggi sepanjang masa yaitu 47,6 derajat celcius untuk wilayah pusat, sementara stasiun cuaca otomatis Mungeshpur yang didirikan beberapa tahun lalu mencatat 49,9 derajat celcius. Suhu maksimum di beberapa wilayah negara diperkirakan akan naik hingga 5 derajat celcius dalam beberapa hari mendatang.

Pihak berwenang menyarankan orang yang tinggal di beberapa negara bagian utara dan barat untuk menghindari paparan sinar matahari yang terik, tetap terhidrasi, dan mengenakan pakaian berwarna terang. Mereka telah menyiramkan air ke jalan, memindahkan beberapa orang ke tempat penampungan, dan memasang spanduk sebagai pengingat untuk mengambil langkah-langkah pencegahan. Ada laporan pemadaman listrik yang lama karena permintaan akan peralatan pendingin melonjak.

Surat kabar Mint pada Jumat melaporkan bahwa India telah mencatat 16.000 kasus sengatan panas atau heat stroke - kondisi medis ketika mekanisme berkeringat gagal dan tubuh tidak dapat mendinginkan diri - dan 60 kematian sejak 1 Maret. Namun, menurut laporan media, pemerintah belum mengkonfirmasi laporan tentang rawat inap dan kematian terkait cuaca.

(bbn)

No more pages