Logo Bloomberg Technoz

Suhu India Tembus 50 Derajat C, 16 Ribu Orang Kena Heat Stroke

News
29 May 2024 17:40

Warga berkumpul di sekitar mobil tangki untuk mengambil air saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)
Warga berkumpul di sekitar mobil tangki untuk mengambil air saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)

Pratik Parija dan Atul Prakash - Bloomberg News

Bloomberg, Suhu di India untuk pertama kalinya menembus 50 derajat celcius, nyaris menyamai rekor tertinggi sepanjang masa. Sementara gelombang panas mematikan di sejumlah negara bagian terus menimbulkan risiko kesehatan bagi jutaan orang.

Berdasarkan Departemen Meteorologi India (IMD), suhu udara melonjak hingga 50,5 derajat celcius pada Selasa (28/05/2024) di Churu, sebuah kota di negara bagian Rajasthan di barat laut. Rekor untuk negara ini adalah 51 derajat celcius, yang terjadi pada Mei 2016 di Phalodi di wilayah yang sama.

Peristiwa cuaca ekstrem di India telah diperparah oleh perubahan iklim, dengan frekuensi dan intensitas banjir, kekeringan, dan topan meningkat dari tahun ke tahun. Namun, negara Asia Selatan ini tidak sendirian dalam menghadapi ketidakpastian alam. 

Dunia mencatat bulan ke-11 dengan rekor panas pada bulan April, dengan kondisi yang lebih hangat menyelimuti Asia dan musim panas yang lebih panas dari biasanya diperkirakan terjadi di Eropa. Musim yang terik menimbulkan risiko bagi kehidupan, membebani jaringan listrik, dan merusak tanaman.