Logo Bloomberg Technoz

Sanchez mengatakan Madrid tidak akan mengakui perubahan apapun pada perbatasan sebelum tahun 1967, kecuali jika disetujui oleh kedua belah pihak.

Departemen Luar Negeri Irlandia mengatakan pekan lalu bahwa mereka akan meningkatkan kantor perwakilannya di Ramallah di Tepi Barat menjadi kedutaan besar. Mereka juga akan menunjuk seorang duta besar di sana dan meningkatkan status misi Palestina di Irlandia menjadi kedutaan besar.

"Kami ingin mengakui Palestina di akhir proses perdamaian. Namun kami telah mengambil langkah ini bersama Spanyol dan Norwegia untuk menjaga perdamaian agar tetap hidup," ujar Perdana Menteri Irlandia Simon Harris dalam sebuah pernyataan pada Selasa (28/05/2024).

Israel telah berulang kali mengutuk keputusan tersebut, dengan mengatakan bahwa hal itu artinya mereka memberi dukungan kepada Hamas.

"Sanchez, ketika Anda mengakui negara Palestina, Anda terlibat dalam hasutan untuk melakukan genosida terhadap orang-orang Yahudi dan kejahatan perang," tulis Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, pada hari Selasa via X.

(del)

No more pages