Logo Bloomberg Technoz

Sidang SYL: Bansos Partai Pakai Duit Kementan Sepengetahuan Paloh

Muhammad Fikri
29 May 2024 16:00

Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Partai NasDem, Joice Triatman menyebut bantuan sosial yang dibagikan oleh organisasi sayap partai tersebut, Garnita, yang menggunakan dana dari Kementerian Pertanian (Kementan) tidak lepas dari sepengetahuan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Hal tersebut terungkap saat Penasihat Hukum eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Djamaludin Koedoeboen mempertanyakan apakah pembagian bantuan sosial berupa sembako tersebut diketahui sumber dana nya oleh ketua partai tersebut, di ruang sidang Pengadilan Negeri Tipikor, Rabu (29/5/2024).

"Terkait dengan laporan [bantuan sosial] kepada Pak Surya Paloh, itu di forum resmi atau tidak?" tanya Djamaludin.

Joice mengatakan bahwa ia melaporkan kepada Surya Paloh secara tatap muka, yang padahal partai tersebut selalu melaporkan setiap kegiatan partai di sosial media, maupun website partai tersebut.

Lanjutnya, tanya Djamaludin, "Saudara menyebutkan bahwa terkait hewan kurban, dan sembako, dengan telur, itu ada bantuan dari Kementan, menyebut itu atau tidak?"