Logo Bloomberg Technoz

"Dikatakan bahwa susu kambing lebih mudah dicerna, lebih sedikit resiko alergi dan lebih baik untuk kesehatan jantung," jelasnya.

Kemudian untuk manfaat susu kerbau sendiri dikatakan baik bagi seseorang yang sedang menjalani program menaikkan berat badan.

"Susu kerbau lebih baik bagi mereka yang perlu menaikkan berat badan karena kalorinya lebih tinggi," lanjutnya

"Susu kerbau juga lebih tinggi kandungan antioksidan dibanding susu sapi dan kandungan lemak tak jenuh tunggalnya juga lebih tinggi daripada susu sapi," tambahnya.

Kandungan vitamin A pada susu kerbau disebut dokter Johanes juga lebih tinggi daripada susu sapi. 

Hal ini tampak dari warna susu kerbau yang putih dibandingkan susu sapi yang ke kuning-kuningan karena lebih banyak beta-carotene (pro-vitamin A).

Bagaimana bila di konsumsi anak-anak? Karena selama ini biasanya susu sapi sudah dibiasakan diberikan semasa anak-anak.

"Boleh saja (susu kerbau, susu kambing) asal sudah di pasteurisasi terlebih dahulu. Agar bakteri yang merugikan dimusnahkan terlebih dahulu," kata Dokter Johanes.

Selain itu, Prabowo mengatakan terdapat opsi memberikan telur sebagai pengganti susu pada daerah-daerah yang sulit mendapatkan susu sapi.

Prabowo menyebut, berdasarkan informasi yang didapatkannya dari beberapa pakar ternyata telur memiliki protein dan mineral serupa dengan yang terkandung dalam susu sapi.

Apakah benar demikian telur bisa menggantikan kandungan gizi yang terdapat dalam kandungan susu sapi?

"Beda jauh, telur rendah kalsium nya," tegas Dokter Johanes.

Menurut dokter Johanes yang bisa menggantikan asupan susu bisa saja kalau asupan makanannya bervariasi dan memenuhi kebutuhan gizi anak atau pada seseorang tersebut. Sehingga dikatakannya tak harus berpatokan juga terhadap susu sapi, susu kerbau atau susu kambing.

"Tidak harus minum susu sapi atau kambing atau kerbau," pungkas dokter Johanes.

(dec/spt)

No more pages