Logo Bloomberg Technoz

Paus Fransiskus Minta Maaf Usai Dituding Hina LGBTQ

News
29 May 2024 08:10

Paus Fransiskus (Sumber: Bloomberg)
Paus Fransiskus (Sumber: Bloomberg)

Donato Paolo Mancini - Bloomberg News

Bloomberg, Paus Fransiskus dipaksa untuk meminta maaf setelah dilaporkan menggunakan istilah yang menghina untuk menyebut pria gay yang ingin menjadi imam, yang menyoroti hubungan yang sangat kompleks antara Gereja Katolik dengan komunitas LGBTQ.

Fransiskus, 87 tahun, diduga mengatakan kepada para uskup yang bertemu pekan lalu di Roma untuk tidak menerima pria homoseksual di seminari, melabeli mereka dengan istilah yang sangat ofensif, demikian dilaporkan media Italia termasuk Corriere della Sera dan la Repubblica pada Senin malam, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang menghadiri pertemuan tertutup tersebut.

Sejak kepausannya dimulai pada 2013, Fransiskus telah lebih ramah terhadap komunitas dibandingkan para pendahulunya, yang menuai pujian dan kritik dari umat Katolik.

Beberapa laporan merujuk pada masalah bahasa di balik komentar terbaru Paus, yang menunjukkan bahwa Fransiskus, yang merupakan penutur asli bahasa Spanyol, mungkin tidak menyadari nuansa yang tepat dari kata Italia yang digunakannya.