Logo Bloomberg Technoz

Selanjutnya, para PNS yang sedang bertugas di luar instansi pemerintah, baik di dalam negeri maupun luar negeri, yang gajinya dibayarkan oleh instansi tempat bertugas, maka tidak mendapatkan gaji ketiga belas.

“Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-perundangan,” lanjut Pasal 5 poin b.

Sementara itu, pada Pasal 3 dijelaskan beberapa kriteria PNS, prajurit TNI, anggota Polri yang tetap mendapatkan gaji ketiga belas, yakni:

  • PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang ditugaskan pada perwakilan RI di luar negeri.
  • PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang bertugas di luar instansi pemerintah baik dalam maupun luar negeri dan gajinya tetap dibayarkan oleh instansi induk PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri penerima uang tunggu.
  • PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri  yang diberhentikan sementara dan gajinya masih dibayarkan.

Adapun, komponen gaji ketiga belas terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.

Dalam pasal 12, dijelaskan bahwa gaji ketiga belas dibayarkan paling cepat pada bulan Juni tahun 2024. Selain itu, besaran gaji ketiga belas berlandaskan pada komponen penghasilan yang dibayarkan bulan Mei 2024.

“Tunjangan Hari Raya dan gaji ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan,” bunyi pasal 13.

PT Taspen (Persero) sebelumnya mengumumkan mulai menyalurkan gaji ke-13 pensiunan mulai 3 Juni 2024 kepada penerima pensiun dan penerima tunjangan 2024.

Sekretaris Perusahaan Taspen Yoka Krisma Wijaya menjelaskan pembayaran gaji ketiga belas akan dilakukan secara langsung ke rekening setiap peserta penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2024.

“TASPEN siap menyalurkan gaji ketiga belas kepada penerima pensiun dan penerima tunjangan tahun 2024 mulai tanggal 3 Juni 2024,” kata Yoka dalam keterangan resminya.

(azr/lav)

No more pages