Logo Bloomberg Technoz

Ekspor Minyak di Laut Rusia Turun Jelang Pertemuan OPEC+

News
28 May 2024 20:30

Ilustrasi tanker pengangkut minyak mentah dari Rusia.
Ilustrasi tanker pengangkut minyak mentah dari Rusia.

Julian Lee–Bloomberg News

Bloomberg, Ekspor minyak mentah rata-rata empat minggu Rusia turun untuk minggu ketiga, dengan pengiriman mencapai level terendah. Kabar  ini muncul jelang dua bulan sebelum pertemuan virtual kelompok produsen OPEC+ pada hari Minggu.

Peningkatan arus dari pelabuhan-pelabuhan Pasifik di Rusia lebih dari diimbangi oleh volume lebih rendah dari Laut Hitam dan Arktik. Kargo dari pelabuhan-pelabuhan Baltik Rusia tidak berubah dari minggu ke minggu, tetapi dijadwalkan turun bulan ini dibandingkan dengan periode April. 

Rusia berjanji untuk mengkompensasi kelebihan produksi terhadap target bulan April, yang disalahkan pada “teknis untuk melakukan pemotongan produksi secara signifikan.” Penurunan produksi akan berimbas pada penurunan pengiriman ke luar negeri, kecuali jika operasional kilang juga turun.

Meski begitu, Rusia memproses 5,45 juta barel minyak mentah per hari dalam 15 hari pertama bulan Mei, atau 4% lebih tinggi dari level April, menyusul perbaikan kilang-kilang yang dihantam serangan pesawat drone Ukraina.