Logo Bloomberg Technoz

PDIP Akui Ahok Mungkin Diusung di Pilgub Sumut 

Mis Fransiska Dewi
28 May 2024 18:00

Basuki Tjahaja Purnama di acara Ahok Is Back, Kamis (8/2/2024)./Bloomberg Technoz-Azura Yumna
Basuki Tjahaja Purnama di acara Ahok Is Back, Kamis (8/2/2024)./Bloomberg Technoz-Azura Yumna

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP membuka peluang mengusung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sumatera Utara. 

Saat ini PDIP tengah melakukan penjaringan, penyaringan hingga mengeluarkan surat tugas bagi bakal calon di Pilkada serentak.

“Termasuk juga Pak Ahok kalau misalkan dari sisi pemetaan memungkinkan untuk diajukan beliau, tapi belum. Untuk itu nanti akan disampaikan hasil pemetaannya itu kepada Ibu Ketua Umum [Megawati],” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Djarot Saiful Hidayat usai Rapat Paripurna ke-18, Selasa (28/5/2024).

Djarot menyebut PDIP masih menginventarisasi potensi bakal calon yang ada di Sumatera Utara (Sumut). Di sisi lain, PDIP juga membangun komunikasi dengan partai politik lain meskipun PDIP bisa maju sendiri tanpa parpol lain. 

Saat ini, kata Djarot, PDIP juga tengah membangun komunikasi dengan Partai Golkar yakni Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara Musa Rajekshah. Djarot juga menyebut kader PDIP juga banyak yang potensial seperti Gubernur Sumut saat ini Edy Rahmayadi, Nikson Nababan, hingga Sutarto.