Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Uno Tepis Isu Viral Bule Menjajah Bali

Dinda Decembria
28 May 2024 15:40

Seorang wanita duduk di klub pantai di pantai Double Six di Seminyak, Bali, Selasa (26/12/2023). (Nyimas Laula/Bloomberg)
Seorang wanita duduk di klub pantai di pantai Double Six di Seminyak, Bali, Selasa (26/12/2023). (Nyimas Laula/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bali sempat viral usai seorang desainer bernama Wanda Ponika melalui media sosialnya mengatakan bahwa banyak warga negara asing (WNA) yang membuka usaha dan bekerja menggunakan visa turis.

Aksi bule tersebut dianggap menjadi penjajah perekonomian di Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pun menanggapi hal tersebut dan mengaku tidak sepakat dengan penilaian Bali dikatakan dijajah oleh orang bule.

"Saya tidak sepakat ya, Bali ini adalah destinasi yang unggul karena kekuatan budayanya. Dan kemarin World water forum terlihat budaya Bali masuk pemurnian air, bahwa air dalam sentral dalam kehidupan pariwisata, dan budaya ini juga punya kearifan lokal, jadi ada lokal wisdom, jadi kita juga punya semangat budaya kita jaga di sana, kita terbuka pada turis asing, harus kita lindungi," ujar Sandiaga di Kantor Kemenparekraf di Jakarta.

Meski begitu, Sandiaga tetap menjamin warga lokal di Bali mendapatkan kenyamanan dalam menyambung perekonomian mereka. Ia pun memiliki langkah konkret hukum untuk aturan usaha bagi WNA.