Logo Bloomberg Technoz

Bukan Samsung & iPhone, Ini HP yang Memimpin Pasar Indonesia

Redaksi
28 May 2024 14:50

Produk high-end OPPO. (Dok: OPPO Indonesia)
Produk high-end OPPO. (Dok: OPPO Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - OPPO, merek HP smartphone asal China, menguasai pasar Indonesia di kuartal pertama dengan pangsa pasar 19,9%. OPPO melewati pangsa pasar Samsung, produsen elektronik asal Korea Selatan, yang jadi juara tahun lalu.

HP smartphone OPPO, yang mengisi seluruh segmen, low-end, mid-range hingga high-end, mengalami pertumbuhan 8,5% dibandingkan kuartal awal 2023, menurut data pengiriman dari International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker.

HP smartphone Samsung justru mengalami penurunan 8,2% secara tahunan, padahal mereka ini merupakan penguasa pasar ponsel tahun lalu. Produsen HP smartphone Transsion justru yang paling mengalami lompatan tinggi, dengan pertumbuhan pengiriman 279%. Pemilik merek HP  TECNO, Infinix, dan Itel itu kini berada di peringkat ketiga pangsa pasar dengan 16,1%.

Posisi keempat dan kelima, menjadi milik HP asal China lainnya, vivo dan Xiaomi. vivo meraih pangsa pasar 15,8% dan Xiaomi 15,4%. 

Vanessa Aurelia, riset analis dari IDC Indonesia menjelaskan bahwa produsen dan penyedia HP smartphone terus menggempur pasar lewat strategi pemasaran, kebijakan potongan harga, hingga perluasan channel.