Logo Bloomberg Technoz

Pada harga antara Rp3,2 juta–Rp9,6 juta, kenaikannya lebih eksponensial sekitar 73,4% (yoy). Apple, Samsung, vivo, dan Xiaomi tumbuh tajam di segmen harga ini, dilaporkan IDC.

Pada segmen harga lebih murah atau di bawah Rp3,2 juta masih tumbuh sebesar 17,8%. Pimpinan produsen HP kelas harga hemat ini adalah Transsion–dengan merek yang makin diminati pasar dalam negeri, TECNO, Infinix, dan Itel. Dilaporkan juga harga jual rata-rata  berada di level stabil pertumbuhan 1,6% (YoY), mencapai US$215 pada kuartal awal tahun ini.

HP smartphone dengan teknologi 5G meningkat secara signifikan menjadi 28,2%,  dari sisi pangsa pasar. Periode yang sama tahun lalu persentasenya hanya pada kisaran 17,6%. “Peningkatan tajam ini didorong oleh peluncuran model baru karena semakin banyak vendor yang memperluas penawaran 5G mereka,” papar IDC.

Pertumbuhan ponsel 5G pada kuartal pertama sebagian besar didorong oleh OPPO, vivo dan Xiaomi. Meski begitu Samsung terus memimpin pasar 5G dengan penawaran lebih luas luas. Harga rata-rata di segmen ini justru turun 21,3% (YoY) dan 23,4% QoQ, mencapai US$469.

(fik/wep)

No more pages