Logo Bloomberg Technoz

Pasar HP Smartphone Indonesia Naik 27%, Apakah iPhone Jadi Juara?

Redaksi
28 May 2024 13:25

Xiaomi Redmi 9T. (Dok: Perusahaan)
Xiaomi Redmi 9T. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker mengatakan bahwa 10 juta HP smartphone dikirim ke pasar Indonesia selama kuartal pertama 2024. Para produsen terus menjaga momentum dengan menghadirkan diskon harga menarik hingga strategi marketing terbaru.

IDC melaporkan raihan 10 juta ponsel setara kenaikan 27,4% dibandingkan tahun sebelumnya dan 11,5% dibandingkan kuartal terakhir (QoQ). Momentum bulan Ramadan terakhir menjadi ‘ladang cuan’ para produsen hp smartphone, dengan puncak pengiriman terbanyak diraih OPPO.

Total pangsa pasar OPPO 19,9%, unggul tipis dari produsen elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung di 17,3%. Menariknya OPPO mengalami lonjakan 8,5% dibandingkan tahun lalu, sedangkan pangsa pasar Samsung turun 8,2%.

“Setelah beberapa kuartal dengan pengiriman yang rendah, para penyedia HP smartphone mengisi saluran-salurannya, menyiapkan panggung untuk pertumbuhan yang kuat di kuartal pertama 2024,” tulis IDC dalam laporannya, dilansir Selasa (28/5/2024).

Smartphone segmen high–end, dengan harga di atas Rp9,6 juta mengalami kenaikan pengiriman ke pasar Indonesia 12,8% dibandingkan tahun lalu. Pemimpin pasar di segmen ini adalah produsen iPhone, Apple Inc.