Logo Bloomberg Technoz

Rafah Diserang Israel, Begini Dampaknya ke Indonesia

Azura Yumna Ramadani Purnama
28 May 2024 13:20

Menkeu Sri Mulyani sebelum memulai Konferensi Pers APBN KiTa Edisi Mei 2024. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Menkeu Sri Mulyani sebelum memulai Konferensi Pers APBN KiTa Edisi Mei 2024. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan bahwa memanasnya geopolitik dunia bisa berdampak pada ekonomi nasional. Salah satunya adalah tentara Israel menyerang wilayah Rafah, Palestina.

Dia menyatakan bahwa kondisi tersebut tidak dapat dihindari dalam hal ekonomi, yang berdampak pada ekonomi global, regional, dan bahkan di Tanah Air.

"Kita lihat berbagai perkembangan geopolitik dan itu tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan perekonomian dan indikator ekonomi baik pada level global, regional maupun nasional," kata Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN Kita pada Senin (27/5/2024).

Dia mencontohkan peningkatan jumlah pasukan Israel yang masuk ke wilayah Rafah tidak hanya berdampak pada Israel dan Palestina saja, tapi juga pada beberapa negara lain yang berusaha untuk mendamaikan konflik antara keduanya.

"Kita semua lihat perang yang ada di Gaza Palestina, masih meningkat bahkan terjadi eskalasi dengan masuknya pasukan Israel di Rafah dan ini menimbulkan dinamika yang luar biasa," ujarnya.