Logo Bloomberg Technoz

Harapannya adalah bahwa semuanya akan berjalan lancar, tetapi bahkan SEC mengatakan minggu lalu bahwa transisi ini dapat menyebabkan "peningkatan jangka pendek dalam kegagalan penyelesaian dan tantangan bagi sebagian kecil pelaku pasar."

Kelompok industri utama dunia keuangan, Asosiasi Industri Sekuritas dan Pasar Keuangan, telah memulai apa yang disebutnya sebagai Pusat Komando T+1 untuk mengidentifikasi masalah dan mengoordinasikan respons.

Perusahaan-perusahaan di seluruh spektrum telah mempersiapkan diri selama berbulan-bulan, merelokasi staf, menyesuaikan shift, dan merombak alur kerja, dan banyak yang mengatakan bahwa mereka yakin dengan kesiapan mereka sendiri. Kekhawatirannya adalah apakah semua rekanan dan perantara lainnya juga memiliki persiapan yang sama.

"Ada banyak ketergantungan di dalam industri ini dan mungkin ada beberapa masalah dengan masing-masing perusahaan," ujar Tom Price, direktur pelaksana dan kepala teknologi, operasi, dan kelangsungan bisnis Sifma. "Namun, saya senang karena perusahaan-perusahaan tersebut menambah jumlah karyawan. Mereka memastikan orang-orang tidak berada di pantai selama masa transisi, tetapi di kantor."

Transisi yang Menantang

Ini bukan pertama kalinya Wall Street mengalami transisi seperti ini, tetapi para pakar industri mengatakan bahwa ini akan menjadi yang paling menantang.

Era T+1 pada tahun 1920-an--sebuah dekade yang dijuluki "the roaring '20-an" sebagian karena kinerja pasar saham yang luar biasa--berakhir karena sifat transaksi yang masih manual membuatnya mustahil untuk mengimbangi lonjakan aktivitas perdagangan. Waktu penyelesaian akhirnya diundur hingga lima hari.

Waktu tersebut dikurangi menjadi tiga hari setelah kejatuhan Black Monday 1987, dan kemudian menjadi dua hari pada tahun 2017 untuk lebih mencerminkan pasar modern.

Pemangkasan menjadi satu hari berbeda karena ukuran dan skala pasar saat ini, kompleksitas investasi lintas batas, dan fakta bahwa AS meninggalkan banyak yurisdiksi lain.

Terutama, perdagangan mata uang secara tradisional diselesaikan dalam dua hari, yang berarti investor internasional yang ingin mendanai transaksi sekuritas AS perlu mendapatkan dolar mereka lebih cepat. Terlepas dari jangka waktu nominal satu hari, dalam praktiknya, tenggat waktu industri utama berarti banyak yang hanya memiliki beberapa jam untuk melakukannya. Hal ini bertepatan dengan periode likuiditas yang terkenal rendah.

"Kemungkinan akan ada penyesuaian dalam persyaratan likuiditas menjelang akhir hari perdagangan FX dan tak lama setelahnya--antara pukul 15.00 dan 19.00 di New York," kata Michael Wynn, kepala layanan eksekusi untuk cabang layanan sekuritas Citigroup Inc. "Dalam jangka menengah dan panjang, kami berharap likuiditas akan membaik seiring dengan berjalannya bisnis secara normal."

Dua ujian besar dan segera juga membayangi sistem T+1: Pertama, Rabu yang disebut sebagai hari penyelesaian ganda, di mana perdagangan T+2 dari Jumat akan jatuh tempo pada saat yang sama dengan transaksi T+1 pada Selasa. Kemudian penyeimbangan kembali indeks MSCI Inc pada akhir minggu, ketika reksa dana di seluruh dunia yang melacak alat pengukurnya akan merombak kepemilikannya pada waktu yang sama.

"Kami siap menghadapi gelombang-gelombang yang diperkirakan akan terjadi," kata Christos Ekonomidis, direktur program T+1 di BNY Mellon. "Kami tahu akan ada beberapa masalah dengan transisi seperti ini, jadi ini tentang memiliki sumber daya yang tepat untuk memperbaikinya dengan cepat."

(bbn)

No more pages